Cara menghilangkan stress

loading...

Cara menghilangkan stress

Cara menghilangkan stress
Stress dapat muncul jika diri kita mengalami tekanan, kelelahan, depresi, kurang tidur atau lainnya. Stress dapat berkurang dengan beberapa hal yang membuat diri lebih baik dan bahagia. Berikut adalah hal-hal yang dapat mengurangi stress:
1. Olah raga, dapat mengubah suasana hati dan tubuh tetap sehat. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, atau berjalan santai. Aktivitas tersebut dapat membuat tubuh menjadi rileks dan menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stress yang sedang dialami.
2. Mendengarkan musik, merupakan salah satu cara paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan stress. Dengarkanlah lagu kesayangan yang membuat tubuh anda lebih tenang dan santai. Mendengarkan musik juga dapat berdampak baik untuk otak kita.
3. Lakukan gerakan yang berulang-ulang, Hal ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh dan membuat santai saraf anda melalui gerakan yang berulang. Hal yang dapat dilakukan berulang seperti menyikat, merajut, mencucu piring dan sebagainya. Melakukan hal ini tidak membutuhkan banyak waktu, cukup dilakukan sekitar lima menit.
4. Sempatkan waktu untuk sendirian, sangat mudah menghilangkan stress lainnya, yang perlu dilakukan adalah beristirahat dan menghabiskan waktu sendirian. Hal ini membantu anda mengumpulkan pikiran dan menyingkirkan energi negatif. Hal lain yang dapat dilakukan adalah duduk sendirian ditengah lapangan yang luas dan duduk dikursi dengan lampu yang tenang. hal itu dapat menjadi hati tenang dan rileks.
5. Menatap ke luar jendela, anda dapat mempercayai ini sebagai salah satu penghilang stress yang akan menghasilkan dampak instan. Hanya perlu melihat ke luar jendela dan mengagumi keindahan alam, anda akan merasa santai melihat taman, pohon dan pemandangan lainnya.
6. Merenung atau meditasi, Cari tempat yang tenang dan nyaman dirumah atau tempat kerja. Konsentrasi pada pernapasan hanya beberapa menit untuk merasakan bahwa energi negatif yang mengalir ke luar dari tubuh dan pikiran anda. Lakukan secara berlahan dengan menarik nafas sedalam mungkin melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut.
Selain itu, menghilangkan stress dapat juga dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu:
1. Cokelat, Anda dapat mengkonsumsi cokelat untuk mengatur kadar strees kortisol. Disarankan mengkonsumsi cokelat hitam karena mereka lebih baik menghilangkan stress dan menstabilkan metabolisme.
2. Madu, mengkonsumsi madu juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan stress. Madu bekerja sebagai antibiotik dan senyawa yang berperan besar dalam mengurangi peradangan otak dan ampuh mengurangi kecemasan.
3. Permen karet, Cara sederhana lainnya untuk menghilangkan stress adalah mengunyah permen karet. Kunyahlah selama beberapa menit, permen karet akan bekerja menurunkan kadar kortisol dan mengurai stress.
Sumber: republika.co.id
loading...
Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh Soal Updated at : Thursday, September 03, 2015