Monday, 31 August 2015

Jenis-jenis mata dan cara mengatasi kelainan mata

Jenis-jenis mata dan cara mengatasi kelainan mata

Mata merupakan salah satu jenis alat optik yang dimiliki manusia atau pun hewan. Dengan mata, manusia atau hewan dapat melihat benda-benda. Namun, untuk melihat ini, diperlukan cahaya. Jadi percuma kita memiliki mata namun tidak ada cahaya. Ini seperti kita berada didalam ruang yang gelap gulita, maka mata kita tidak bisa melihat apapun termasuk melihat tangan kita sendiri. Mata manusia terdiri dari 4 jenis yaitu mata normal, mata rabun jauh (miopi), mata rabun dekat (hipermetropi), dan mata presbiopi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang jenis-jenis mata yang disebutkan tadi.

Mata Normal
Mata dapat dikatakan normal jika semua cahaya baik yang berasal dari jarak dekat (titik dekat mata) atau dari dari jarak jauh yang masuk ke dalam mata maka oleh lensa mata dikumpulkan tepat diretinanya.
Mata norma
Cahaya dari jarak jauh dikumpulkan diretina
Gambar diatas menunjukkan salah satu contoh mata normal. Namun tidak semua mata seperti itu. Ada mata yang ketika ada cahaya dari jarak jauh maka oleh lensa mata dikumpulkan didepan retina yang disebut rabun rabun jauh, dan ada mata yang ketika ada 
cahaya dari jarak dekat dikumpulkan dibelakang retina yang disebut mata rabun dekat.

Mata Rabun Jauh

Mata rabun jauh adalah mata hanya bisa melihat benda pada jarak dekat dan cukup sulit melihat benda yang jauh. Hal ini karena pada mata rabun jauh, cahaya yang berasal dari jarak jauh maka oleh lensa mata dikumpulkan didepan retina sedangkan jika cahaya dari jarak dekat maka dikumpulkannya tepat diretina.
Mata rabun jauh
cahaya dari jauh dikumpulkan didepan retina

Mata rabun jauh
Cara mengatasi rabun jauh adalah dengan menggunakan lensa cekung sedemikian rupa sehingga cahaya/benda yang berasal dari tak hingga maka bayangannya oleh lensa diletakkan tepat dititik jauh mata rabun jauh tersebut. 
Mata rabun jauh
Cahaya yang berasal dari takhinga oleh lensa cekung dikumpulkan diretina
Mata rabun jauh
Benda di tak hingga oleh lensa bayangannya diletakkan di titik jauh rabun jauh

Jadi, ketika mata rabun jauh melihat benda jauh menggunakan lensa cekung maka yang ia lihat adalah bayangannya, bukan benda aslinya. Agar lensa cekung dapat mengumpulkan cahaya dari jarak jauh diretina atau meletakkan bayangan benda tepat di titik jauh rabun jauh, ini tergantung dari kekuatan lensanya. Jadi kita harus menentukan kekuatan lensa dengan persamaan:

Dengan:
Keterangan:
P = kekuatan lensa (Dioptri)
f = fokus lensa (m)
s = jarak benda (m)
s' = jarak bayangan (m)
Catatan:
f (+) jika lensa cembung dan f(-) jika lensa cekung.
s' selalu negatif dan s = tak hingga.

Mata Rabu dekat


Mata rabun dekat adalah mata yang hanya bisa melihat benda jauh dan kesulitan melihat benda dekat. Hal ini karena cahaya yang berasal dari jarak dekat dikumpulkannya dibelakang retina sedangkan cahaya yang berasal dari jarak jauh dikumpulkannya tepat diretina (seperti mata normal).
Mata rabun dekat
Cahaya dari jarak dekat dikumpulkan dibelakang retina

Untuk mengatasi mata ini, menggunakan lensa cembung sedemikian sehingga cahaya/benda yang berasal dari titik dekat mata normal (berjarak 25 cm) oleh lensa cembung bayanganya diletakkan pada titik dekat mata rabun dekat.
Mata rabun dekat
Cahaya yang berasal dari jarak 25 cm oleh lensa cembung dikumpulkan diretina
Mata rabun dekat
Benda yang berasal dari titik dekat mata normal bayangannya diletakkan pada titik dekat mata rabu dekat
Jadi ketika mata rabun dekat melihat benda dekat dengan menggunakan lensa cembung, maka yang ia lihat adalah bayangannya, bukan benda aslinya. Agar lensa cembung dapat meletakkan bayangan benda di titik dekat rabun dekat maka hal ini tergantung kekuatan lensanya. Jadi perlu dihitung berapa besar kekuatan lensa dengan rumus kekuatan lensa (lihat rumus pada mata rabun jauh).

Mata Presbiopi


Mata presbiopi tidak dapat melihat benda-benda dekat dan tidak dapat melihat benda-benda jauh. Cara mengatasi mata ini dengan menggunakan lensa bifokal (cembung cekung). Lensa cembung digunakan untuk mengatasi mata rabun dekat dan lensa cekung digunakan untuk mengatasi rabun jauhnya. Jadi disini kita harus menghitung satu per satu kekuatan lensanya dengan menggunakan rumus kekuatan lensa. 

Contoh soal dan pembahasan
Nomor 1
Seseorang menderita rabun dekat dengan titik dekat 50 cm ingin membaca pada jarak baca normal. Jenis lensa kacamata yang harus digunakan dan jarak fokusnya adalah...
a. Cembung dengan fokus 50 cm
b. Cekung dengan fokus 33,3 cm
c. Rangkap dengan fokus 25 cm
d. Cembung dengan fokus 33,3 cm
e. Cekung dengan fokus 50 cm


Pembahasan:
Diketahui:
s’ = –50 cm (s’ selalu negatif)
s = 25 cm
Ditanya: jensi lensa dan f = ...
Jawab:
Mata

Nomor 2
Seseorang penderita hipermetropi memiliki titik dekat 50 cm hendak membaca pada jarak baca normal. Orang tersebut memerlukan kacamata berkekuatan...
a. – 2 Dioptri
b. – ½ Dioptri
c. + ½ Dioptri
d. + 2 Dioptri
e. + 4 Dioptri

Pembahasan:
Diketahui:
s’ = –50 cm (s’ selalu negatif)
s = 25 cm
Ditanya: P = ...
Jawab:
Mata rabun dekat

Nomor 3
Seseorang bermata miopi hanya dapat melihat benda yang jelas paling jauh jaraknya 50 cm. Kekuatan lensa kacamata yang harus digunakan agar orang tersebut dapat melihat jelas pada benda-benda jauh adalah...
a. 2 Dioptri
b. 4 Dioptri
c. 1 Dioptri
d. – 4 Dioptri
e. – 2 Dioptri

Pembahasan:
Diketahui:
s’ = – 50 cm (s’ selalu negatif)
s = (tak hingga)
Ditanya: P = ...
Jawab:
Mata rabun jauh

Nomor 4
Seseorang tidak dapat melihat jauh dengan jelas. Dia disarankan dokter memakai kacamata – 1 D. Titik jauh mata adalah...
a. 50 cm
b. 75 cm
c. 100 cm
d. 200 cm
e. tak hingga

Pembahasan:
Diketahui:
P = – 1 D
s = tak hingga
Ditanya: s’ = ...
Jawab:
Mata

Nomor 5
Seorang penderita presbiopi mempunyai titik dekat 50 cm dan titik jauh 2,5 m. Kekuatan lensa yang harus digunakan adalah...
a. 2 D dan – 0,4 D
b. 2 D dan 0,4 D
c. 2,5 D dan – 2 D
d. 4 D dan – 2 D
e. 4 D dan – 4 D

Pembahasan:
Diketahui:
s’ = – 50 cm (rabun dekat)
s = 25 cm (rabun dekat)
s’ = – 2,5 m (rabun jauh)
s = tak hingga
Ditanya P = ...(rabun dekat dan rabun jauh)
Jawab:
Mata presbiopi



Ditulis oleh: Admin Pembahasan Contoh soal Updated at : Monday, August 31, 2015